Google+ Nama Cendekiawan Wanita Muslim | Info Cewek

Nama Cendekiawan Wanita Muslim

Share:

Entah kenapa, nama cendekiawan wanita muslim di Indonesia sangat jarang dipublikasikan. Catatan sejarah Indonesia meriwayatkan bahwa ratusan tahun lalu di Aceh hiduplah seorang cendekiawan wanita muslim dengan kiprah luar biasa. Hal yang mengherankan, walaupun wanita muslim ini diakui sebagai pahlawan nasional yang cerdas dan kaya ide, namun namanya tidak diabadikan sebagai nama cendekiawan wanita muslim. Laksamana Malahayati, demikianlah nama cendekiawan wanita muslim itu.

Nama Cendekiawan Wanita Muslim

Nama Cendekiawan Wanita Muslim

Selain cerdas, Malahayati juga memiliki kegagahan luar biasa di kancah peperangan melawan Belanda dan Portugis. Namun demikian, meskipun berkiprah tiga abad lebih dulu, Malahayati tidak sepopuler Cut Nyak Dien. Banyak buku pelajaran sejarah yang menyebut Malahayati sekilas saja.

Pasukan Inong Balee

Terlahir dengan nama Keumalahayati di ujung abad ke-XV, putri dari Laksamana Mahmud Syah ini merupakan perempuan laksamana pertama di dunia. Malahayati memimpin armada bernama “Inong Balee” yang terdiri dari para janda korban perang. Mulanya, armada ini hanya berkekuatan 1000 orang, namun dalam perkembangannya bertambah jadi 2000 orang.

Aksi fenomenal Malahayati adalah ketika ia mengggebuk rombongan Belanda hingga berguguran. Salah satu pempimpin pasukan Belanda, Cornelis de Houtman, tewas ditangan Malahayati pada pertempuran satu lawan satu di geladak kapal, 11 September 1599.

Nama Cendekiawan Wanita Muslim - Laksamana Malahayati

Nama Cendekiawan Wanita Muslim – Laksamana Malahayati

Selain bermental baja, Malahayati juga cerdas, penuh gagasan, piawai berdiplomasi, dan pernah menempati posisi bidang diplomasi dan negosiasi urusan luar negeri. Ia pun berperan besar dalam menangani intrik dalam suksesi kepemimpinan Kesultanan Aceh Darussalam. Wafat dalam pertempuran di Teluk Krueng Raya, Malahayati dimakamkan tidak jauh dari Benteng Inong Balee, sekitar 3 Km dari benteng, berada diatas bukit.

Di saat-saat terakhirnya, dalam kondisi sakit, perempuan gagah berani ini masih memimpin perang sambil berbaring. Nama cendekiawan wanita muslim ini tercatat dalam buku Marie Van Zuchtelen, “Vrouwlijke Admiral Malahayati”, sebagai pemimpin perang yang paling berjasa mengacak-acak pasukan Belanda dan Portugis di tanah Aceh.

Nama Cendekiawan Wanita Muslim

Satu hal lagi yang perlu dicatat bahwa Malahayati sangat taat pada ketentuan agama Islam. Ya, Malahayati adalah nama cendekiawan wanita muslim asal Aceh layak dikenang hingga akhir zaman.

Satu hal yang perlu digarisbawahi dalam kisah Malahayati adalah bahwa Islam tidak pernah menghalangi kaum wanita untuk berkarya dan menyalurkan berbagai pemikiran dalam bidang yang digeluti wanita yang bersangkutan.

Fakta kebebasan berkarya bagi wanita diperkuat lagi oleh peristiwa peluncuran 12 nama cendekiawan wanita muslim di Inggris. Nama cendekiawan wanita muslim itu di antaranya adalah Almeena Ahmed (jurnalis BBC), Farrah Bhatti (ilmuwan), Fazia Hussain (aktifis serikat perdagangan), Amina Rafique (pekerja kemanusiaan), dan Yara El-Sherbini (seniman).

Nama Cendekiawan Wanita Muslim | admin | 4.5

Berita Lainnya

Kirim Komentar

Artikel Menarik Lainnyaclose